Thank God for 2012..an Awesome year..

Saya selalu punya kebiasaan unik dengan teman saya untuk menanyakan “apa target lo tahun depan?”. Tahun lalu, saya hanya menjawab “jadi lebih baik aja” tanpa bisa merinci apa itu arti dari menjadi yang lebih baik.

Ada beberapa periode di 2012 yang tidak terlalu terasa. Pertama adalah Maret – Mei, banyaknya pekerjaan sangat membantu saya untuk melewati 3 bulan itu dengan cepat. Dan kemudian 2012 berlalu sampai bulan Agustus. Komisioning salah satu Trafo yang memang menjadi target PON di Riau, hanya dilakukan oleh beberapa dari kami yang tidak libur ketika hari raya idul fitri. Lalu periode Oktober – November juga tidak terlalu terasa. Banyak perjalanan yang saya lakukan, pelatihan di Jogja, dan lain lain.

2012, 3 orang sahabat baik saya melangsungkan pernikahan. Ikhsan dan Dimaz, rekan saya waktu SMA dulu, dan Dimas Cipto, teman saya waktu kuliah. Saya ikut berbahagia untuk mereka.

Dan yang tidak akan saya lupakan adalah bulan Desember. Untuk pertama kalinya saya menapat kesempatan untuk training ke luar negri. Di Quebec, Kanada. Bukan hanya di Asia. Ilmu yang saya dapat lebih banyak tentang kehidupan daripada tentang Ilmu tekniknya sendiri. Perjalanan ke luar negri dan menjalani gaya hidup seperti penduduk sana membuka wawasan saya atas sesuatu yang baru dalam hidup ini. Ada hal – hal yang saya sesali kenapa harus saya alami sekarang. Kenapa tidak dari dulu saya mengetahuinya. Tapi yah….berkat masing – masing orang, sudah diatur sama Tuhan. Semuanya harus disyukuri.

Yang tidak bisa saya lupakan dan akan selalu saya ingat adalah malam di Hilton Hotel Quebec, ketika saya sedang menulis untuk blog saya, dan mendengarkan lagu dari radio. Lagu yang dipasang hampir setiap malam adalah I’ll be Home for Christmas dari Michael Bubble. Saya mendengarkan lagu itu sambil menulis dan menurunkan intensitas cahaya lampu, dan membuka tirai jendela kamar hotel sambil menikmati pemandangan badai salju di luar sana. Indah sekali. Saya tahu saya tidak akan bisa merayakan natal Tahun ini bersama keluarga. Atau bahkan merayakan natal dengan pergi ke gereja, karena malam natal waktu setempat, saya harus terbang dari Toronto menuju Dubai.

Ini adalah hal yang sangat jauh berada dari impian saya yang paling liar sekalipun. Pengalaman luar biasa yang tidak mungkin saya lupakan. Bisa mengunjungi Quebec dan Toronto. Dan tidak bisa merasakan natal bersama keluarga mungkin memang harga yang pantas untuk dibayarkan. Tidak ada yang perlu disesali, dan banyak sekali yang harus disyukuri.

 

Tuhan mungkin sedang bercanda. Untuk seseorang seperti saya yang dalam 3 bulan terakhir jarang meluangkan waktu untuk berdoa dan mengambil waktu khusus setiap pagi, ini adalah sentilan. Bahwa Dia tetap memberikan saya berkat yang tidak dapat dilihat mata, tak pernah didengar telinga, dan tidak timbul di dalam hati.

 

Tuhan pasti sedang bercanda…

 

Dengan membiarkan saya menghabiskan malam natal di udara di dalam pesawat emirates airline yang membawa kami dari Toronto ke Dubai, Dia hanya ingin agar saya Lebih dekat lagi kepadaNya.

Dan saya bersiap untuk tahun 2013, tahun yang saya yakin akan jauh lebih hebat daripada tahun ini. Yang saya minta pada Tuhan hanyalah kebijakan. Kebijakan untuk tetap terus mengucap syukur, kebijakan untuk tetap merendahkan hati, dan kebijakan untuk mengawal saya mengambil keputusan yang tepat. Dan kebijakan untuk tidak lupa darimana saya berasal sebelum sampai ke titik sekarang, apabila ada kesempatan lain yang membuat saya menjadi lebih hebat, datang suatu saat nanti.

Beberapa hari lalu saya mengirim pesan singkat ke teman saya.

“Untuk pertama kalinya bung….gw tau apa yang mau gw lakukan di 2013..”

 

Terima kasih Tuhan untuk tahun 2012, tahun yang luar biasa dan ditutup dengan indah. Perjalanan yang membuka mata saya, memberi saya banyak ilmu, dan semoga bisa membuat saya menjadi lebih baik lagi…

 

Good Bye 2012…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s