Being Quebecker.. #Canada

Hari ke-4 saya berada di Quebec, Canada. Hari ini adalah hari terakhir kami mengikuti training di Quebec. Kami akan melakukan praktek lapangan di Hydro Quebec Lab. Menuju kearah Montreal. Kami berangkat dari hotel sekitar pukul 6.30 pagi, dan percayalah bahwa langit seperti menunjukan pukul 4 pagi, sangat gelap.

Pagi ini saya berada satu mobil dengan Mr. David Hardy. Orang Kanada yag fasih berbicara bahasa Inggris dan Perancis. Kami berencana untuk sarapan pagi di tengah perjalan kami menuju Montreal. David berkata bahwa ini bukan restoran besar. Hanya sebuah restoran kecil dimana biasanya supir truk lewat dan berhenti. Mereka memilih tempat itu karena menurut mereka, apabila disinggahi banyak supir truk, makanan disana pasti enak. Sampailah kami di restoran kecil yang biasanya saya lihat di film – film Holywood. Dan memang persis sama. Sebuah restoran kecil, dengan makanan yang tidak terlalu khas, tapi memiliki tingkat suasana kehangatan yang baik. Chez Vana Restaurant, pemiliknya orang Kamboja, tapi bisa berbahasa Perancis, dan menghadirkan menu dalam Bahasa Perancis.

Image

Chez Vanna Restaurant, somewhere in Highway between Quebec and Montreal

Saya memesan menu 2 Oeufs, Rὁtie et cafѐ. Saya menebak ini adalah 2 telur (yang belakangan saya tahu disajikan seperti telur mata sapi dengan bagan kuning yang setengah matang), 2 Slice roti gandum bakar, buah buahan, dan kentang goreng. Saya sama sekali tidak mengalami kesulitan melahap ini semua. Buat saya ini hanya makanan standar. Bisa dimakan dengan baik tanpa harus dikomentari. Cenderung lezat bahkan.

Image

2 Oeufs, Rὁtie et cafѐ

Sesampainya di Hydro Quebec, kami melakukan praktek apa yang sudah kami pelajari dari presentasi (just cut the crap and skip the training part, bukan sesuatu hal menarik untuk dibicarakan). Dan ketika kami sampai ke acara makan siang. Mereka selalu mengawali dengan makan pembuka, kali ini menunya adalah Turnip Soup. Saya tidak peduli bahan pembuat sup tersebut (kecuali Kapal Tanker dan Batu Karang, saya hajar terus). Gurih, dan seperti dugaan saya, ada kentang dalam sup tersebut.

Image

Turnip Soup

Masuk ke menu utama, kali ini saya pilih Poulet A L’Origan , dada ayam panggang, sedikit nasi, kentang goreng, dan banyak salad sayur. Dan untuk minumnya, saya pilih air putih biasa. Uniknya di Quebec, air putih tersebut selalu disajikan dingin dengan es batu, berapapun suhu di luar sana. Ketika saya bertanya alasan kenapa minuman disajikan dingin, David berkata bahwa air dingin lebih menyegarkan. Saya melahap habis Salad sayur, kentang dan Potongan dada Ayam panggang. Rekan saya berkata bahwa gaya makan dan selera makan saya sudah seperti orang asli Quebec. Mereka masih heran kenapa saya bisa melahap semua makanan yang disajikan tanpa mengalami “ketidakjelasan” rasa seperti yang mereka alami. Buat saya, ini hanya masalah ketangguhan saya memutuskan untuk tidak terlalu banyak mengeluh soal makanan. Tidak membantu, dan hanya akan menjadi beban saya selama berada di tempat tujuan. Dan pemimpin rombongan kami berkelakar “sudah, kau aja tinggal disini. Cocok sama makanannya”

Image

Poulet A L’Origan

Biasanya untuk makan malam kami lebih memilih menu aman seperti makanan cepat saji atau Kedai Kopi yang juga menyediakan Donat dan Muffin. Tim Horton, adalah sebuah kedai kopi yang cukup banyak tersebar di Quebec. Tim Horton adalah Starbuck-nya Orang Kanada.

Di hari ke 5, kami tidak memiliki jadwal training jadi harusnya menjadi hari bebas untuk kami. Sialnya menurut ramalan cuaca, hari ini adalah hari dimana badai yang besar akan dating, dan benar saja, angin yang kencang, salju yang deras, dan udara yang dingin memang menjadi halangan untuk beraktifitas di luar. Kami hanya sarapan di hotel dan siang ini akan makan siang di salah satu restoran di Quebec. Saya lupa mengambil gambar rumah makannya, tapi konsep rumah makan itu adalah prasmanan dan kita hanya membayar minuman yang kita pesan. Siang ini saya memesan white wine untuk minumannya dan tentu saja akhirnya kami bertemu nasi goreng yang jadi menu favorit kami. Guy Plamondon, salah seorang rekan Quebec kami berkata bahwa memesan wine untuk menemani sesi makan adalah hal yang umum di hampir seluruh restoran di Quebec, dan dia berkata saya sepertinya sudah mulai memiliki style orang Quebec, karena yang lain memilih minum air putih, teh, dan jus jeruk.

Image

Nasi Goreng dan White Wine, not bad

Orang – orang Quebec makan sambil bercengkrama satu sama lain. Mereka bisa menghabiskan waktu lama untuk menyantap satu sesi hidangan. Mereka makan secara perlahan, dan setiap beberapa sendok, mereka akan meletakan garpunya dan berbicara kepada rekannya. Saya bertanya pada David kenapa mereka makan sangat lambat dan sambil berbicara, dan jawaban Davida adalah “That is our French side..we enjoy the food especially when it’s a fine cuisine..” dan ketika saya bilang bahwa di Indonesia kami dilarang berbicara selama makan dan menghabiskan makanan kami dengan cepat, dia agak terkejut.

“For us a Quibecker or French, Lunch or Dinner is a great time to have a conversation. On weekend, we usually spend 2 hours just to have lunch or dinner”

Dan saya mulai mengikuti gaya makan mereka, perlahan, sambil ngobrol, dan menikmati makanan….selain terlihat lebih sopan, makan dengan mengikuti gaya orang Quebec atau Perancis, membuat kita minimal terlihat sedikit agak keren. Apalagi apabila kita mengikuti tabel manner, dan menggunakan sendok, garpu, dan pisau dengan cara yang tepat.

Anda bisa mencobanya. Siapkan sesi makanan yang lengkap (pembuka, utama, dan penutup), siapkan alat makan yang lengkap (sendok, dan garpu khusus untuk tiap sesi), makan secara perlahan dan sopan, selingi dengan berbicara dengan rekan anda…mana tahu anda bisa jadi salah satu orang yang “Makan-Genic” – Terlihat keren ketika makan…

Bon Appétit….

December 22nd , 2012 00:35 AM

Hilton Hotel

Room 1504

Quebec, Canada

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s