Belajar dari Singapura (1) – Dari Pekanbaru ke Singapore

Setelah membiarkan blog ini berdebu hampir setengah tahun, saya memutuskan untuk memulai  mengisi blog ini dengan pengalaman – pengalaman saya. Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang perjalanan saya ke singapura yang mana menjadi pengalaman pertama saya melancong ke luar negri. Ada banyak hal yang saya dapat dari perjalanan saya tersebut, saya mungkin akan membagi tulisan saya menjadi beberapa bagian. Dan ini adalah bagian yang pertama…Enjoy…

 

Beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk pergi ke Singapura. Wisata yang saya anggap “kecelakaan” karena tujuan utamanya bukan untuk berlibur tapi untuk menonton Foo Fighters, band rock yang saya kagumi. Sialnya 1 minggu sebelum hari-H pihak promotor membatalkan konser karena Dave Grohl diberitakan mengalami gangguan pada pita suaranya (Cancelled due to the medical situation – itu yang tertulis di situs milik promoter konser mereka)

 

Berangkat sendiri dari Pekanbaru dan merupakan pengalaman pertama saya ke luar negri cukup membuat saya deg2an. Perasaan antara senang, sangat bersemangat , dan khawatir (beberapa hari sebelumnya saya membaca kisah tentang bagaimana seorang backpacker langsung ditangkap hanya karena memiliki kesamaan nama dengan buronan terkemuka di USA) menjadi satu.

 

Dari Pekanbaru menuju Singapura tidak ada penerbangan pesawat langsung, jadi saya memutuskan untuk naik pesawat ke batam, dan dari batam saya lanjutkan naik Ferry ke singapura. Tidak susah. Tinggal googling saja dan kita bisa mendapatkan semua informasi tersebut. Ditambah peta buatan sendiri yang dibikin oleh sahabat saya @yunarkoak , menjelaskan cara menuju Batam Center (Pelabuhan di Batam) dari Hang Nadim (Bandara di Batam)

 

Setibanya di Hang Nadim, saya membeli tiket Bus Damri seharga Rp 15.000,-  jurusan Jodoh. Dari peta buatan sahabat saya, saya harus turun di Simpang Jam dan menyambung bus Damri Jurusan Batam Center seharga Rp 3.000,- di peta digital itu, ada tulisan “MOTTO : Pantang Pulang sebelum Sampai, Taksi Jalan Terakhirku” si jancuk itu memang hanya mencoba untuk meledek saya ketika saya BBM dia dan bilang “ga usah repot2, dari bandara langsung naik taksi aja”

 

Mengikuti anjuran dia, saya berhasil sampai Batam Center dengan aman. Langsung masuk ke dalamnya dan layaknya terminal bus atau bandara, kita bisa lihat ada beberapa loket kapal ferry dengan waktu keberangkatan yang bermacam macam, pilihan saya jatuh ke Batam Fast dan Pinguin. Mengingat waktu keberangkatan Penguin lebih awal (15.20 WIB) saya memilih Pinguin karena saya tidak mau tiba di Singapura terlalu malam (perbedaan waktunya adalah 1 jam dan singapura lebih awal), harga tiket 45 SGD untuk tiket PP sudah termasuk tax dari batam, dan belum  tax dari Singapura (sekitar 6 SGD)

 

Waktu tempuh dari Batam Center ke Harbour Front (Pelabuhan di Singapura) + 45 Menit, dan kapal Ferry yang saya naiki termasuk nyaman. Ruangan yang dingin, tempat duduk yang luas, dan penumpang yang tidak terlalu banyak. Banyaknya jadwal penyebrangan dari Batam – Singapura mungkin menjadi alasan penumpang kapal ferry itu tidak terlalu padat.

 

Sampai di Harbour Front, urus masalah keimigrasian. Tidak repot kecuali anda koruptor yang masuk dalam daftar buruan CIA. Sebelumnya anda akan diberikan semacam kartu yang menjadi tanda anda Keluar/Masuk dari/ke Batam/Pekanbaru (paham cara baca kata kata barusan kan?) dan anda diminta untuk menuliskan lokasi tinggal selama berada di singapura. Saya mengisinya dengan nama hotel tempat saya akan menginap nantinya. Sesudah passport di stempel, kita bisa melangkah keluar dari Harbour Front dan….. Selamat Datang di Singapura 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s