062..It’s About Pride, Honour, And Dignity..

Elektro Trisakti

062..ada yang tau artinya dari angka ini? Saya rasa hanya sebagian dari friendlist saya di facebook yang tau arti dari deretan angka itu. 062 adalah jati diri kami di kampus reformasi, 062 sekaligus melambangkan bahwa kami bukan mesin. “Kami Elektro Trisakti!!”

 

Entah umpatan apalagi yang terlintas di benak saya ketika ketika kami harus menjawab dengan lantang apabila ada yang bertanya

“berapa jumlah kalian?!!”

“SATU!!”

“Sekali Lagi!!!”

“SATU!!”

“Ulangi lagi!!”

“SATU!!”

“Lanjut Lagi!!”

“SATU!!”

“Tepuk Tangan!!”

 

Sosok orang timur dengan rambut gimbal itu memang menyeramkan,tapi, dia adalah yang terbaik yang bisa memompa semangat kami.

Selang beberapa waktu, saya dapat mengerti tujuan dari pertanyaan itu, agar kami memiliki sense of belonging terhadap kawan – kawan kami yang nantinya akan membantu kami dalam banyak hal.

Atau ketika kami selalu diingatkan untuk selalu memakai otak dulu, baru otot. Mengajarkan kami untuk selalu memikirkan matang – matang hal yang akan kami lakukan sebelum melakukannya.

 

Hal – hal seperti itu mungkin tidak pernah terpikirkan di saat tampilan kami masih botak, dan masih harus mengucapkan kalimat sakti seperti “permisi bang…permisi kak..”, tapi akan terasa di saat saya sudah mulai memanjangkan rambut, dan mulai mengenakan pakaian bebas.

 

Malam tadi saya membicarakan bagaimana seharusnya seorang laki – laki mempertahankan harga dirinya, bersama 2 dari beberapa sahabat dekat saya. Dua orang ini adalah bagian dari kisah menarik saya menjalani hari – hari melelahkan dalam menjalani masa ospek.

 

Saya merasa perlu untuk membicarakan tentang hal ini kepada mereka berdua, hanya ingin memastikan, apakah saya yang salah? atau memang saya yang masih membawa aroma idealisme seorang mahasiswa kampus reformasi yang berambut ikal sebahu, selalu memakai baju hitam dengan gambar beatles, memakai jeans, dan bersepatu converse, ke dalam dunia yang sangat berbeda?

 

Ternyata tidak..mereka pun sependapat dengan saya, mereka pun menganggap kesalahan tidak terdapat pada saya yang terlalu meninggikan suatu hal yang kami sebut KEBANGGAAN. Satu kalimat yang berbunyi “elektro selalu benar” membuat kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melakukan hal yang benar, bertanggung jawab atas doktrin yang kami buat dan menjadikan Elektro sebagai kebanggaan kami.

 

Dalam pembicaraan itu, kami juga membahas masalah KEHORMATAN, to respect ourself… kami tidak gila hormat, kami hanya menjaga kehormatan kami agar tidak luntur. Dalam cerita itu, lagi – lagi saya mendapat pembelaan, karena kami memang di doktrin untuk itu.

 

“Dua Lima Jigo Dua Lima Jigo…Jadi Seratus..Elektro Jago Elektro Jago..Musuhnya Mampus!!” itulah yel – yel yang kami selalu nyanyikan di pertandingan futsal, dan itu masalah kehormatan, kami harus mengintimidasi lawan kami, agar mereka menghormati kami dan memiliki mental kalah sebelum bertanding.

 

Saya bertanya mengenai harga diri, atau bahasa kerennya martabat..dan mereka sepakat, bahwa dalam cerita itu, ada sebuah harga diri yang digadaikan. Lagi lagi kali ini, saya tidak sendirian..HARGA DIRI.. Doktrin kami yang berbunyi “kalo di jurusan lain, ga perlu nunduk, angkat kepala kalian, tunjukkan kalo kalian mahasiswa elektro!” mengajarkan hal itu.

 

Setelah pembicaraan yang panjang itu, kami menyadari satu hal..karakter kami dibentuk di periode yang sama, di tempat yang sama dan dengan gaya yang sama. Tidak heran apabila kami merespon cerita itu dengan reaksi yang sama..bahwa tidak ada yang aneh dengan berbagai pertanyaan yang ada di benak saya sekarang, karena gambaran tentang “bagaimana seorang laki – laki harus bersikap” adalah sebagaimana kami diajarkan dalam masa perkuliahan.

 

Terdengar tidak objektif??bagi kalian yang membaca tulisan ini, mungkin akan ada komentar seperti ini..”ya jelaslah, itu kan temen2 lo juga, pasti mereka ngebela pendapat lo”..saya terima komentar kalian, tapi ada baiknya kita lihat kalimat dari teman saya si 016..”ga perlu di ospek bareng kita di elektro trisakti, seorang nubitol juga tau keputusannya salah..”

 

Kami sampai pada suatu kesimpulan bahwa we are not made to be a looser..kami di doktrin untuk tidak menjadi laki – laki kacangan..kami dibentuk untuk memiliki kebanggaan, kehormatan, dan harga diri sebagai seorang laki – laki..

 

Salah seorang senior saya pernah di “rumah” kan di polsek setempat karena sebuah kasus. Dalam perjalanan kembali sehabis mendaftarkan diri untuk program magister, dia melewati sekumpulan mahasiswa dari jurusan lain. Ketika sedang melewati kumpulan mahasiswa tersebut, dia dilempar punting rokok..sedikit adu argumen, dan perkelahian pun terjadi..singkat cerita, dia di”rumah”kan sementara di polsek itu..

 

Sebagian mungkin melihat sebagai sebuah tindakan bodoh, tidak memakai otak sebelum memakai otot, tapi dia sudah melakukan sebuah tindakan diplomasi sebelum memutuskan untuk bertindak lebih jauh..dan pada akhirnya..yang dia lakukan adalah sebuah tindakan menjaga Kebanggaan, Kehormatan, dan Martabat Elektro Usakti..bahwa kami Bukan mesin…saya suka tanggapan teman saya si 017 saat kami mengungkit cerita tersebut..”Itulah harga diri boy, harus selalu dijaga, apapun resikonya..” well bro..that is our quote of the night..

Dalam keadaan seperti sekarang, dimana dalam benak saya ada banyak pertanyaan mengenai hal ini..saya bersyukur memiliki kawan – kawan seperti mereka..saya juga merasa beruntung bahwa Elektro Trisakti pernah menjadi satu dari sekian banyak pengalaman hidup saya yang dapat dengan bangga saya ceritakan kepada siapapun..

 

 

I learn about PRIDE…

I learn about HONOUR…

I learn about DIGNITY…

Coz that is a man all about…

It’s about Pride..Honour..and Dignity..

I am proud being one of them…

Proud Being 062!!!!

BENNY REINMART

062.04.020

 

Special thanks to :

–          ANDY WIRYANTO      (062.04.016)

–          BOBBY DEMEIANTO  (062.04.017)

It was a great chat between us….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s